Surat Kepada Bapak Bupati Sragen

Oleh: Muthi'ah
*Surat ini telah memperoleh Juara 1 Lomba Menulis Surat Kepada Bupati Sragen dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-268 yang diselenggarakan oleh Sragen Book Fair 2014.



Sragen, 16 Mei 2014
Yth. Bupati Sragen
di tempat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



            Salam sejahtera untuk Bapak Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman. Semoga Bapak selalu diberikan petunjuk oleh Allah SWT dalam membina Kota Sragen yang tercinta ini. Sebagai seorang siswa, merupakan suatu kebanggan bagi saya berkesempatan menulis surat untuk Bapak.

         Perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Muthi’ah, siswi kelas XII di SMK Negeri 1 Sragen. Lewat tulisan ini saya bermaksud menyampaikan harapan dan keinginan saya, terutama mengenai perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Sragen tempat saya menuntut ilmu.

        Bapak Bupati yang saya hormati. Dengan bangga saya mengucapkan terima kasih atas kebijakan Bapak telah memperhatikan keberadaan perpustakaan. Terbukti dengan berdirinya bangunan baru Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sragen yang lebih layak dibandingkan dengan lokasi perpustakaan sebelumnya. Realita inilah yang meyakinkan kami para siswa bahwa Bapak Bupati mempunyai kesadaran akan pentingnya greget mbangun perpustakaan yang tak lepas dari Gerakan Bangun Sukowati.

           Bapak Agus Fatchur Rahman yang saya hormati. Terlepas dari segi pelayanan, saya kira perpustakan sekolah tidak senyaman Perpustakaan Daerah. Hal ini juga dirasakan oleh siswa-siswi yang lain. Fasilitas layanan bahan pustaka seperti buku pembelajaran, fiksi maupun nonfiksi saya kira telah tertinggal dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Sehingga hanya tersedia deretan buku-buku ‘kuno’ yang tidak menggiurkan untuk dibaca. Hal ini sangat tidak sesuai dengan fungsi perpustakaan sekolah yang semestinya mampu menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan para siswa. Di sisi lain, suasana baca memang mendukung untuk bersantai dan menjelajah berbagai buku. Namun, minat baca yang minim membuat perpustakaan hanya dimanfaatkan untuk bersantai dan mengobrol ria dengan teman-temannya saat jam kosong. Sunggu sangat memprihatinkan, Pak!

       Bapak Bupati yang saya hormati. Minat baca dikalangan pelajar bisa dikatakan tergolong rendah. Terlebih di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang lebih mengutamakan terampil praktik daripada teori. Di sinilah kurangnya respon siswa-siswi SMK terhadap ilmu pengetahuan umum. Mereka berargumen bahwa mempelajari ilmu kejuruan yang diminatinya, bagi mereka sudahlah cukup. Tapi pada kenyataannya, pesentase peminjam buku di perpustakaan sekolah saya tidak lebih dari 5% yang berinisiatif meminjam buku kejuruan selain buku pegangan yang dipinjamkan dari sekolah. Ironisnya lagi, dalam satu kelas yang terdiri dari kurang lebih 32 siswa, hanya sekitar 5 anak yang meninjakkan kaki di perpustakaan sekolah setiap minggunya. Jika kondisi ini tetap berlanjut, bagaimana generasi muda di masa yang akan datang?

        Bapak Agus Fatchur Rahman yang saya hormati. Mengingat fungsi pokok perpustakaan sebagai jantung pendidikan, saya berharap perpustakaan sekolah bukan hanya dijadikan gedung pelengkap sebagai perpustakaan ber-title sekolah negeri. Apalagi dengan semakin berkembangnya tekhnologi informasi yang mudah diakses oleh semua kalangan, saya berharap tidak berpengaruh terhadap budaya membaca buku melalui perpustakaan.
       Bapak Bupati yang saya hormati. Sebagai siswa, saya hanya mampu berpendapat dan berharap memiliki perpustakaan yang dirindukan semua siswa. Sehingga perpustakaan bukan sekedar patut-patut, tetapi memiliki kontribusi terhadap pembentukan pelajar yang cerdas. Sebagaimana fenomena kantin yang tak pernah sepi oleh kunjungan para siswa. Selain itu saya berharap Bapak dapat menegaskan kembali peraturan mengenai pengembangan perpustakaan sekolah. Salah satunya dengan menyisihkan sebagian dana APBS (Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah) untuk pembaharuan bahan pustaka oleh sekolah.
          Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga surat dari saya dapat memberikan masukan positif bagi kemajuan perpustakaan sekolah di Kabupaten Sragen pada umumnya.
          Terima kasih atas perhatian Bapak. Apabila ada kesalahan dalam penulisan surat ini, saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Hormat saya,


Muthi'ah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Muhasabah

Contoh Teks Master of Ceremony Acara Formal